Jumat, 06 April 2012

Review : Afternoon Talk



Dalam industri musik Indonesia, sangat jarang terdengar kemunculan band-band di luar Jawa dan Bali. Padahal pergerakan musik di sana juga menggeliat dan hidup. Banyak band berkualitas, namun karena kurang publikasi hanya dikenal di daerah masing-masing.

Salah satu band di luar Jawa dan Bali yang mulai mendapat publikasi nasional dan internasional adalah band Afternoon Talk asal Lampung.

Band yang terbentuk pada 2010 dan beranggotakan Sofia, Osa dan Ridwan itu sudah pernah diliput antara lain oleh majalah Hai, Nylon Indonesia, dan SEA Indie — sebuah label musik asal Thailand yang berkonsentrasi pada musik indie pop Asia Tenggara.

Melalui musik mereka yang hangat dengan penggunaan instrumen akustik dari gitar dan ukulele, musik Afternoon Talk layak mendapat perhatian.

Lagu mereka selalu terdengar intim dan personal. Menyimak musik Afternoon Talk seperti mendengar tuturan cerita seorang teman. Gaya bernyanyi sang vokalis, Sofia di beberapa lagu seperti gaya orang mendongeng. Bahkan di lagu “Love Letter” ia berteriak resah.

Untuk mendengarkan seperti apa musik Afternoon Talk silakan klik di sini.

Bila Anda ingin menonton langsung penampilan mereka, kebetulan pada bulan Februari 2012 ini, Afternoon Talk melakukan tur kecil di Jawa. Mulai 15 Februari hingga 22 Februari 2012 mereka akan menyambangi lima kota besar dan akan tampil dalam pertunjukan yang kecil dan hangat.

Source : http://id.omg.yahoo.com/blogs/blog-editor/afternoon-talk--band-indie-pop-asal-lampung.html

BIODATA:

Afternoon Talk is a band with simple-sweet-short-acoustic songs. With Sofia (vocal), Osa (guitar,ukulele,bass), and Wawan (guitar,percussion,drum,keyboard) The idea began when Osa and Sofia talked about music, maybe at that moment Sofia was thinking that she got a same idea with Osa. And spontantly they said “Why Don’t we make a band?”. From that moment they began to make music together. The following days, Osa presented his friends during high school years Wawan to join the band and they decided to choose Afternoon Talk as the name of the band. Need to know more about the songs information? so listen to it and you’ll get to know it.

Source : http://demos.hai-online.com/index.php/profile/sofias

Menyanyikan perasaan sedih dengan riang dan tanpa beban mungkin bukan opsi yang kebanyakan orang pilih untuk menumpahkan atau melepasakan suasana hati yang tidak baik. Kesedihan atau mungkin biasa disebut dengan galau merupakan suatu perasaan yang lebih dekat dengan suasana muram, serasa beban dipundak yang sudah diemban menjadi semakin berat dan tinggal menunggu waktu untuk dihempaskan atau dilepaskan. Kebanyakan orang lebih merasa nyaman untuk ‘mendekatkan’ diri dengan musik bernuansa muram seperti post-rock atau triphop karena merasa jenis musik tersebut lebih memiliki keterikatan dengan perasaan tersebut, terutama dari segi nuansa. Namun sepertinya hal tersebut tidak berlaku bagi trio folk-pop asal Lampung yang menamakan dirinya Afternoon Talk.

Perasaan sedih yang dinyanyikan memang tersirat secara harfiah dari tiap bait lirik yang dinyanyikan oleh Sofia Sekar Arum, namun yang membedakan adalah notasi dan aransemen musik yang sengaja diracik agar tidak terdengar depresi atau sedih. Tidak percaya? Silakan dengar track pembuka berjudul “Love Letter” yang menceritakan tentang surat cinta salah alamat. Padapart terakhir Sofia terdengar seperti berpura-pura menangis dan menafikan perasaan dia yang sebenarnya jengah untuk terus sendiri, tepatnya pada bait “But oh my God, I Know that it was not for me, I’m just sick of being single you know..”. Lagu galau yang sangat manis dan menyenangkan untuk didengar. Saya mendapati seorang anak kecil yang kebetulan lewat didepan rumah menari-nari girang ketika saya memutar lagu ini. Sofia hanya terdengar muram pada track “Please Tell Me How To Turn Back The Time” itupun dengan kadar yang pas dan tidak berlebihan dengan lirik yang terbilang naif dan lugu. Sekilas intro pada “The Ship Will Bring You Home” mengingatkan saya dengan lagu “Yellow Submarine” milik The Beatles, sebuah track terakhir yang menutup sajian manis milik Afternoon Talk yang berproporsi pas.

Cara bernyanyi Sofia yang seperti bertutur atau bercerita ditingkahi oleh pola aransemen catchy dan riang merupakan formula dari musik Afternon Talk. Kita tidak perlu memutar hingga dua kali sampai mengerenyitkan dahi untuk bisa memahami dan menikmati musik yang mereka suguhkan, cukup dengan duduk sembari menikmati teh atau kopi dan camilan kesukaan. Sebuah EP yang juga membuktikan musik bagus nan catchytidak melulu harus berasal dari Pulau Jawa. Afternoon Talk seakan mengajarkan kepada kita bahwa kesedihan tidak selamanya harus disikapi secara muram dan berlebihan. Biarkan perasaan tersebut berlalu dan tumpahkan dengan riang. –tahu88

Source : http://hujanrekords.com/releases/afternoon-talk-self-titled-ep

Afternoon Talk, kalo udah pernah denger Katjie&Piering pasti ya mirip mirip lah, atau the Trees And The Wild, mirip juga. Nice sekali. Pertama tahu adalah ketika temen saya, Sekar, dia ngajakin nonton mereka tapi waktu itu belum tahu dan ada yang post link free download EP mereka. Saya download lah dan dengarkan, dan saya langsung suka setelah pertama mendengar :)

Dan khusus untuk yang ini kalian benar-benar harus mencoba, bahkan rasanya kalian pasti baru dengar kan tentang band ini? Ini cocok didengar ketika siang atau sore hari, nyaman sekali.

Baca sendiri kan kata-kata di atas? Afternoon mengemas lirik lagu "galau" dengan sangat manis dan menggambarkan bahwa sebuah lagu galau atau mellow tidak harus selalu mendayu-dayu. Afternoon Talk benar-benar handal dalam mengemas lagunya, manis dan sangat menyenangkan, menyejukkan hati saat didengar. Yang ada bukan galau, yang ada adalah ingin berdendang dan mulai memetik jari atau menggoyangkan kepala ke kiri dan kanan saat mendengar lagunya, saya yakin semua yang mendengar lagunya tidak akan merasakan hawa galau. Malah merasa seolah terbawa ke dalam lagunya.

Iya memang saya baru tahu sekarang-sekarang, tapi walaupun mereka baru mengeluarkan 1 EP yang saya tahu tapi lagu-lagu mereka tidak kalah dan patut bersaing. Everyone must know that indie have a band like that :-bd

Penjelasan saya tidak akan panjang-panjang, dari link yang saya dapat pun rasanya sudah cukup menjelaskan semuanya.

Untuk mengetahui lebih dalam karena ini terdengar asing, saya beri beberapa link tentang mereka

Reverbnation : http://www.reverbnation.com/afternoontalk

Soundcloud : http://soundcloud.com/afternoontalk

Facebook : https://www.facebook.com/afternoontalk

Last Fm : http://www.last.fm/music/Afternoon+Talk

My Space : http://www.myspace.com/afternoontalk

Official Blog : http://lovelettertojava.tumblr.com/

Twitter : https://twitter.com/#!/afternoontalk

Free Download EP : http://hujanrekords.com/releases/afternoon-talk-self-titled-ep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here, Cheers! :)