Jumat, 06 Juli 2012

Review : Frau

Frau

Akhir-akhir ini saya sedang suka mendengarkan lagu-lagu dari Frau, terutama yang berjudul Mesin Penenun Hujan dan Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa. Berawal dari penasaran saya karena Frau ini sering berseliweran di website last fm dan kebetulan ada free downloadnya. Saya mencoba download dan mendengarkannya, lagu yang pertama saya dengar adalah Mesin Penenun Hujan. Lirik yang manis dan musik yang menyejukkan, iya itulah Frau. Kembali, saya jatuh hati pada musik indie. Entah apa, mungkin ketika saya mendengarkan lagu tersebut saya sedang merasakan hal yang sama, mungkin seolah terbawa ke dalamnya. Duaranya yang indah, menyejukkan hati cocok di dengar di malam hari, bisa sebagai lullaby atau pengantar untuk tidur..

Frau?
Sedikit aneh ketika mendengar namanya, ada band dengan nama seperti ini? Yang saya tahu Frau itu adalah bahasa Jerman yang artinya nyonya atau ibu, yang jelas panggilan untuk perempuan seperti miss atau mrs dalam bahasa inggris. Iya memang penyanyinya adalah seorang perempuan dengan nama Leilani Hermiasih Suyenaga. Adalah seorang permpuan yang berasal dari Yogyakarta, salah satu lagu yang berjudul Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa ditulis oleh Ugoran Prasad yang sekaligus vokalis Melancholic Bitch, lagu itu pun milik Melancholic Bitch dan dinyanyikan ulang bersama Ugoran Prasad bagi para penikmat Melancholic Bitch pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa karena memang lagu tersebut milik Melancholic Bitch namun kemudian dinyanyikan juga oleh Frau dengan ciri khas suaranya yang manis.

Leilani Hermiasih yang akrab dipanggil Lani, seorang yang handal dalam permainan piano dan sukses menggebrak dunia musik indie dengan kord-kord dari pianonya yang indah, lantunan pianonya berhasil menyulap dan menyihir setiap pendengarnya menjadi kagum dan menikmati apa yang dia mainkan. Menurut saya, jika menonton Frau tampil secara live, tidak disarankan untuk menonton sendirian apalagi ketika Faru membawakan lagu Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa, arti dan makna lagu tersebut jika dipahami memang sangat menyentuh dan membuat berangan-angan, lirik yang ditulis oleh Ugoran Prasad ini memang sukses membuat pendengarnya berkhayal mengenai isi lagu ini .

Isi bio di My Space nya mengatakan ".. adalah seorang perempuan muda yang suka bermain-main dengan Oskar, pianonya" dia menamakan pianonya Oskar. Dari Oskarlah musik-musik indah dan menakjubkan mengalun.

"Setelah sempat mengenyam karir di Anggisluka, mencabik bass di Essen Und Blood dan menjadi kibordis ‘tambahan’ di Southern Beach Terror, mahasiswi ini diam-diam merangkai beberapa komposisi lagu yang dimainkan dan dinyanyikan sendirian. Beberapa lagunya mengadopsi jurus maut Regina Spektor dan sisanya punya rasa lebih manis dikecap di segala cuaca dan suasana layaknya musik pop ampuh pada umumnya." - berasal dari http://yesnowave.com/yesno042/
Frau berada dibawah naungan Cakrawala Records dan CD nya di distribusikan oleh Demajors yang juga terdapat pemusik handal di dalamnya, frau memiliki satu album yaitu "Starlit Carousel" saya pernah lihat albumnya di salah satu toko cd yang ada di kota saya, bentuknya unik dibuat seperti buku, berwarna biru tua dengan tulisan Frau. Album tersebut rilis pada tanggal 11 Maret 2010. Ada satu situs yang menyediakan free download albumnya, namun tentu dengan kesepakatan dengan Frau tidak dengan ilegal nampaknya. Bagi yang ingin mencoba download bisa kunjungi http://yesnowave.com/yesno042/

Saya sangat menyukai semua lagu yang ada di album Starlit Carousel ini, menyenangkan sekali mendengar lagu mereka. Saya mengelompokkan Frau satu playlist bersama lagu-lagu Hollywood Nobody, Adhitia Sofyan, dan Payunt Teduh yang cocok didengarkan sore hari dengan secangkir teh dan biskuit atau di malam hari sebagai penenang dan penyejuk hati, juga sebagai pengantar tidur. After taste, manis musiknya, enak di kuping.

Ini albumnya :


Frau - Starlit Carousel

1. I'm A Sir
2. Mesin Penenun Hujan
3. Salahku, Sahabatku
4. Cat and Rat
5. Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta DI Luar Angkasa
6. Glow


Untuk mendengarkan lagunya tanpa harus di download bisa kunjungi Official Website Frau: http://frau.bandcamp.com/

Untuk info lebih lengkap tentang Frau bisa dikunjungi website lainnya

Selamat menikmati, enjoy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here, Cheers! :)