Rabu, 20 Juni 2012

Review : Monkey To Millionaire - Man

Beberapa minggu yang lalu Monkey To Millionaire baru saja merilis single baru nya yang berjudul "MAN", mereka menyediakan link free download bagi semua yang ingin mendengarkan lagunya. Mereka memang sengaja menyediakannya untuk para Street Millionaire, panggilan bagi fans mereka. Bahkan Monkey To Millionaire sendiri yang memberi tahu fans nya kapan single mereka akan diluncurkan saat itu. Setelah cukup lama menunggu untuk album baru ternyata mereka memberikan warming up dengan meluncurkan single ini. Jarak dari album Lantai Merah hingga saat single ini diluncurkan memang cukup lama yaitu sekitar 3 tahun sehingga wajar jika para Street Millionaire benar-benar rindu akan karya baru dari mereka. Mereka mengatakan di twitter dan blog mereka bahwa album mereka akan dirilis akhir tahun ini atau awal tahun depan, tentu semua fans mereka tidak sabar menunggu agar albumnya segera rilis. Mereka pun menginfokan pada fansnya jauh hari sebelum single itu dikeluarkan, mereka memberi tahu bahwa mereka nanti akan mengeluarkan single baru. Mereka selalu menginfokan melalui twitter mereka.

Single ini rilis pada tanggal 5 juni 2012 kemarin, semua Strret Millionaire sangat excited ketika tau bahwa Monkey To Millionaire menulis "sudah siap untuk single baru kita?". Hal yang sudah lama dinantikan akhirnya datang juga, mungkin seperti itu rasanya. Begitu banyak Street Million yang langsung mananggapi pernyataan tersebut dengan cara me-retweet dari akun Monkey To Millionaire.

Ketika ditanya mengapa Man yang dipilih menjadi single pertama, Agan (bass) menjawab, ”Sepertinya lagu ini cukup mewakili konsep dan warna musik kita di album terbaru”.

“He would smile, like he was friendly…. He would stab you right in the back of your head!” sepenggal lirik di lagu Man yang cukup untuk mengartikan makna dibalik lagu tersebut. “Setiap manusia punya sifat jahat di dalam diri mereka, meskipun dia keluarga terdekat, ataupun kawan. Tersenyum di depan, menikam di belakang, itulah maksud dari lagu Man”, ujar Wisnu (vokal, gitar).

Hanya ada satu hal yang membuat semua fans Monkey To Millionaire bersedih, karena pada lagu ini lah terakhir kali Emir menggebuk drum nya sebagai drummer Monkey To Millionaire, terakhir kalinya Emir bersama Monkey To Millionaire. Dibalik bahagia karena rilisnya single baru ternyata kita harus menerima bahwa Emir sudah tidak bersama Monkey lagi, diluar sana banyak yang bertanya mengapa Emir tidak bersama Monkey lagi.

Sedikit bocoran untuk album kedua ini akan berisikan 10 lagu, dimana Wisnu Adjie masih memegang kendali penuh di bagian lirik. Tema yang diangkat pun masih seputar kejadian sosial, maupun pribadi. Wisnu menjelaskan sedikit perihal album yang sedang mereka kerjakan , “Yang jelas album kedua ini akan lebih kasar suaranya dan lebih enerjik dibanding album yang lalu”.
-dikutip dari blog mereka
Pernah sekali saya mendengar lagu ini ketika Monkey To Millionaire tampil di Radio Show TV One, kebetulan lagu ini dipakai sebagai ending. Apa kesan pertama saya? "Intronya aja udah keren!!" setelah mendengar sampai selesai "gila ini keren!!" warna baru dari musik Monkey To Millionaire yang dibuat sedikit kasar dan sangat berbeda dengan album terdahulu. Tentu saja menarik seperti biasanya, dengan lirik lagu yang menakjubkan. Bukan hal baru bagi para Street Million yang ada di Jakarta karena mereka sudah lebih dekat dengan idolanya itu. Mereka sudah tau adanya single itu karena Monkey membawakannya di salah satu gigs yang ada di Jakarta saat itu. Iya salah satu kenikmatan tersendiri bagi mereka bisa dekat dengan idolanya.


Look at that boy
who already has a man's voice
with the ability of a woman's mouth

hey, untrustworthy man
well, he's a man with a thousand mouths
with the ability of a woman's mouth

with a lot of a things
he wants to talk about

does it fit you?
does it feed you?

big ego
big envy
he would smile
like he was friendly
he would stab you right in the back of your head

hey, untrustworthy man
well, he's a man with a thousand mouths
with the ability of a woman's mouth

all the things that you want me to
all the things that you promise to

if it doesn't concern you
than what is it to you?

he's a man with a thousand mouths

Begitu lah sepenggal lirik dari single Man. Seperti biasa, Monkey To Millionaire menyajikan lirik lagu yang menyentil, menyinggung kehidupan sehari-hari di sekitar kita, yang terjadi di sekeliling kita. Kalau tidak begitu, bukan Monkey To Millionaire namanya. Mereka tidak selalu terfokus pada lirik tentang cinta seperti yang marak dimana-mana, namun juga tentang kehidupan sosial, seperti single ini. Menceritakan tentang seorang pria yang di depan kita dia terlihat baik sekali pada kita namun nyatanya di belakang kita dia menikung atau menusuk kita dari belakang. Hal seperti ini tidak hanya dilakukan kaum pria, wanita pun juga. Dia punya mulut banyak, dan perilakunya seperti wanita, iya memang banyak pria di sekitar kita yang seperti itu. Lirik ini memang menyentil, dan sangat membuat mood pendengar menjadi naik. terbukti pada beberapa orang. Ah, mereka memang punya ciri khas agar para fans nya tetap mengagumi mereka. Mungkin ini menurut saya, bagaimana menurut kalian?

Silahkan coba dengarkan single terbaru mereka disini dan rasakan sensasinya *headbang* : http://soundcloud.com/monkeytomillionaire/tracks


Monkey To Millionaire:
Wisnu Adjie – Vokal/Gitar
Agan Sudrajat – Bass

Informasi dan kontak :
Ph.0856.972.93700
Monkey2millionaire@yahoo.com
Facebook.com/monkeytomillionaire
Twitter : @monkey2mill

Follow juga akun fanbase nya : @streetmilliondan @StreetMillionBD

Selamat menikmati seni yang sangat menarik :)

4 komentar:

  1. Halow! Salam kenal :)
    Gue pendengar Monkey2Mill baru nih, dan sgt sgt terbantu bgt info2nya dr blog lo. Sukak bgt sm review ttg musik-musiknya, gue rasa lo punya selera musik keren hehehehe.

    Btw, sebenernya pengen nanya2 soal album Monkey2Mill yg Inertia sih. Kan katanya agak berbeda sm album Lantai Merah, trus gue baca deskripsinya kan katanya agak "kasar", sedangkan gue ga begitu suka musik keras gitu sih hehe. Kira-kira nyaman ga yaa buat kuping gue yg aneh ini? Hehehe.

    Sorry bgt klo bnyk nanya, soalnya masih butuh banyak arahan hahaha. Ohiya satu lagi, nyari album mereka dimana ya? Punya rekomendasikah? Susah bgt nyarinya :((( I'm looking forward from u, thankyou ^^

    BalasHapus
  2. Hai, salam kenal juga ya :)
    Btw, thamk a lot sudah mampir di blog saya. Dan terimakasih juga sudah mau baca hihi selera musik saya indie punya pokoknya :))

    Kasarnya gak pake teriak-teriak kok, cuma musiknya agak kenceng dan ngebeat aja, asik pokoknya didenger sekali doang nggak cukup hahaaha coba aja, kalo masalah nyari albumnya, di bandung sih order bisa ke omuniuum tapi luar bandung juga bisa, kalo di jakarta ada di demajors kok. coba boleh mention ke akun monkeytomill nya :)

    BalasHapus

Leave your comment here, Cheers! :)